Membahas Lengkap Pengertian Invoice dan Perbedaannya

Invoice adalah dokumen penting yang diterbitkan oleh perusahaan dan diberikan oleh pembeli. Invoice hanya digunakan saat transaksi yang terjadi merupakan transaksi kredit.

Dengan demikian, invoice adalah dokumen penting yang harus dipersiapkan oleh perusahaan, meskipun belum pernah melakukan transaksi secara kredit. Tapi, perusahaan penting menyiapkan invoice, karena pihak perusahaan pun tidak pernah tahu transaksi seperti apa yang diinginkan oleh pembeli atau pelanggan.

Meskipun dikatakan penting, namun invoice masih belum sepenuhnya dimengerti. Tidak hanya masyarakat awam, bahkan pihak yang terlibat dalam transaksi bisnis pun terkadang masih belum mengetahui apa itu invoice.

Di artikel kali ini, akan dibahas mengenai pengertian invoice serta perbedaannya dengan dokumen lain. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Pengertian Invoice adalah

Sumber: https://business.tutsplus.com/tutorials/how-to-get-your-small-business-out-of-debt–cms-26842

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, invoice adalah dokumen penting yang harus dipersiapkan oleh perusahaan. Invoice berguna sebagai dokumen yang digunakan untuk melakukan penagihan transaksi, yaitu apabila pembeli belum membayar tagihan hingga tempo pembayaran tiba.

Invoice biasanya dibuat sebanyak rangkap tiga. Fungsi dibuat tiga rangkap pada invoice adalah tergantung pada masing – masing pihak yang memiliki invoice tersebut. Bagi perusahaan, invoice dapat digunakan sebagai arsip transaksi yang telah terjadi.

Bagi divisi keuangan, invoice berfungsi sebagai referensi dalam menyusun pembukuan. Sementara bagi divisi penjualan, invoice dapat digunakan sebagai dokumen penagihan yang sah apabila pembeli tidak membayar hingga tempo waktu yang ditentukan. Dan bagi pembeli, invoice dapat digunakan sebagai referensi apabila produk yang dikirim tidak sesuai dengan invoice atau salah dalam perhitungan.

Perbedaan Dokumen lain dengan Invoice adalah

Sumber: http://bizandmoreph.blogspot.com/2013/09/sales-invoice-vs-official-receipts.html

Dokumen dalam transaksi bisnis sangatlah banyak, salah satunya adalah invoice. Para pelaku bisnis pun mungkin masih cukup sulit membedakan dokumen – dokumen ini. Secara umum, invoice adalah faktur. Dimana seringkali penggunaannya disamakan dengan kwitansi.

Invoice adalah dokumen yang di dalamnya terdapat informasi – informasi berisi transaksi yang terjadi. Ada keterangan penjual dan pembeli, ada juga daftar produk yang jumlah harga tiap produk.

Invoice diberikan kepada pembeli sebelum terjadi proses transaksi. Sehingga, pembeli dapat mengetahui total pembelian yang harus dibayarkan. Begitu juga dengan perusahaan jasa, perusahaan atau penyedia layanan membiarkan pembeli atau pelanggan untuk menikmati layanannya terlebih dahulu. Baru kemudian membayar layanan tersebut sesuai dengan layanan yang digunakan. Misalnya restoran, rumah sakit, bengkel, dan lainnya.

Sementara kwitansi, merupakan dokumen yang diberikan ketika transaksi sudah selesai dilakukan. Sebagai bukti bahwa proses transaksi antara penjual dan pembeli sudah selesai dan sudah dibayarkan. Berbeda dengan invoice yang mana diberikan sebelum transaksi terjadi. Sehingga, meskipun invoice sudah diterbitkan pihak penjual dan diterima pihak pembeli, bukan berarti transaksi sudah selesai.

Hampir sama seperti invoice, di dalam kwitansi juga memuat informasi – informasi penting. Diantaranya kuantitas barang, harga, pajak, diskon, total pembayaran, serta tanggal dibayarkan. Dan yang lebih penting adalah nomor kwitansi. Bahkan, di beberapa kwitansi menggunakan materai yang ditandatangani oleh pihak yang bertransaksi untuk memperkuat perjanjian.

Sehingga, untuk memudahkan pemahaman mengenai invoice dengan kwitansi adalah saat penerimaannya. Dimana invoice adalah dokumen yang diberikan setelah terjadi pemesanan, transaksi belum selesai, bahkan barang belum sepenuhnya dikirim. Sehingga, transaksi belum dapat dikatakan selesai. Berakhirnya transaksi invoice adalah ketika pembeli telah menerima barang dan penjual telah menerima uang pembayaran. Baru setelah selesai, invoice diganti dengan kwitansi sebagai bukti bahwa transaksi telah selesai dilakukan.

Itulah penjelasan mengenai pengertian invoice dan perbedaannya dengan dokumen lain dalam transaksi bisnis. Semoga semakin menambah pengetahuan kita semua, terutama bagi pihak – pihak yang terlibat dalam transaksi bisnis.

Leave a Comment